Posted by: fadilarahim | April 29, 2010

FADHILAH BEBERAPA SURAT DALAM AL-QUR`AN

Pendahuluan

Alhamdulillah, pada kesempatan ini kita diberi kesempatan oleh Allah untuk membahas keutamaan beberapa surat yang ada dalam al-Qur`an, kita telah mengetahui bersama bahwa Al-Qur’an yang di wahyukan Allah adalah terdiri dari 30 juz. Semua surat dari Al-Fatihah sampai An-Nas, jelas memiliki keutamaan yang setiap umat Islam wajib mengamalkannya. Alloh tidak membedakan tentang kelebihan dan keutamaan setiap surat atau ayat dalam Al-Qur’an. ” Tiadalah kami alpakan (diskriminasikan) sesuatupun didalam Al Kitab ( Al-Qur’an ) ” ( Al An’aam : 38 ). Hanya manusia yang belum mengkajinya secara mendalam. Tetapi ada beberapa surat dan ayat yang mempunyai keutamaan tertentu berdasarkan petunjuk dari Nabi.

Oleh karena itu sangat dianjurkan agar umat Islam senantiasa membaca Al-Qur’an. Dan kalau sanggup hendaknya menghatamkan Al-Qur’an setiap pekan sekali, atau sepuluh hari sekali, atau dua puluh hari sekali atau khatam setiap bulan sekali.

Sebelum melanjutkan pada pembahasan ini, perlu diketahui bahwa penulis dalam pembahasan ini hanya menulis mengenai keutamaan surat dan membacanya, dan akan membagikan antara hadits-hadits yang soheh dan yang lemah. Akan tetapi yang berkenaan dengan ayat akan dibahas pada pembahasan yang lain.

Pengertian surat

Surah adalah sejumlah ayat al-Qur’an yan mempunyai permulaan dan kesudahan, Jumlah surah al-Quran ada 114 surah. Adapun jumlah ayatnya sebanyak 6200 lebih namun kelebihanya ini masih diperselisihkan. Dan surah yang terpanjang adalah surat al Baqarah.

Macam-macam surat

Surat-surat Qur`an itu ada empat bagian:

  1. At Tiwal ada tujuh surah, yaitu baqarah, Ali Imran, an Nisa`, Al Maidah, An’am, A’raf dan yang ketujuh ad yang mengatakan anfal dan bara’ah sekaligus karena tidak  dipisah dengan basmalah diantra keduanya. Dan dikatakan pula bahwa yang ketujuh adalah surah Yunus.
  2. Al mi’un, yaitu surah-surah yang ayat-ayatnya lebih dari seratus atau sekitar itu.
  3. Al Matsani, yaitu  surah-surah yang jumlah ayatnya di bawah al Mi’un. Dinamakan masani karena surah itu di ulang-ulang bacaanya lebih banyak dari at tiwal dam al mi’un.
  4. Al mufasal, dikatakan bahwa surah–surah ini dimulai dari surah qof, ada pula yang mengatakan di mulai dari surat al hujurat, juga ada yang mengatakan dimulai dari surat yang lain. Mufasal di bagi menjadi tiga: Tiwal ,ausat dan qisar. Mufassal tiwal dimulai dari surat Qaf atau hujurat sampai dengan Amma atau buruj. Al mufasal ausat dimulai dari surah Amma atau buruj  sampaidengan duha atau lam yakun. Dan mufasal qisar dimiulai dari dhuha atau lam yakun sampai dengan surah Qur’an terakhir.

Dinamakan mufasal, karena banyaknya fasl (pemisah) diantara surah-surah tersebut dengan basmalah.

Keutamaan surat, dengan dalil yang shoheh

  1. Surat Al-Fatihah

Rasulullah bersabda:

عن أبي سعيد بن المعلى قال كنت أصلي فدعاني النبي صلى الله عليه و سلم فلم أجبه قلت يا رسول الله إني كنت أصلي قال ( ألم يقل الله { استجيبوا لله وللرسول إذا دعاكم } . ثم قال ألا أعلمك أعظم سورة في القرآن قبل أن تخرج من المسجد ) . فأخذ بيدي فلما أردنا أن نخرج قلت يا رسول الله إنك قلت ( لأعلمنك أعظم سورة من القرآن ) . قال ( { الحمد لله رب العالمين } . هي السبع المثاني والقرآن العظيم الذي أوتيته )

Dari abu sa’id rafi’ bin al-Mu’alla ia berkata: Rasulullah bersabda kepadaku: “Maukah aku ajari kamu surat yang paling agung di dalam al-qur`an sebelum kamu belajar dari masjid?” lalu beliau belajar tanganku, dan ketika kami hendak keluar, aku berkata: “wahai rasulullah, tadi engkau mengatakan bahwa engkau akan mengajarkanku surat yang paling agung dalam al-qur`an?” beliau bersabda: I”Alhamdulillahi Rabbil ‘AlaminI yang serupa dan diulang-ulang serta al-qur`an yang agung yang diberikan kepadaku”.(HR. al-Bukhari).

  1. Surat Al-Baqarah

Rasulullah bersabda:

عن أبي هريرة أن رسول الله صلى الله عليه و سلم قال لا تجعلوا بيوتكم مقابر إن الشيطان ينفر من البيت الذي تقرأ فيه سورة البقرة

Dari abu Hurairah bahwa Rasulullah bersabda: “janganlah kalian menjadikan rumah kalian bagaikan perkuburan. Sesungguhnya syaitah lari dari rumah yang sibacakan padanya surat Al-Baqarah.”(HR. Muslim).

  1. Surat Al-Kahfi

Rasulullah bersabda:

من حفظ عشر آيات من أول سورة الكهف عصم من الدجال

Barangsiapa yang menghafal 10 ayat dari surat al-kahfi akan dililndungi dari dajjal.” (HR. Muslim)

  1. Surat Al-Fath

Rasulullah bersabda:

أن رسول الله صلى الله عليه و سلم كان يسير في بعض أسفاره وعمر بن الخطاب يسير معه ليلا فسأله عمر عن شيء فلم يجبه رسول الله صلى الله عليه و سلم ثم سأله فلم يجبه ثم سأله فلم يجبه فقال عمر ثكلتك أمك نزرت رسول الله صلى الله عليه و سلم ثلاث مرات كل ذلك لا يجيبك قال عمر فحركت بعيري حتى كنت أمام الناس وخشيت أن ينزل في قرآن فما نشبت أن سمعت صارخا يصرخ بي قال فقلت لقد خشيت أن يكون نزل في قرآن قال فجئت رسول الله صلى الله عليه و سلم فسلمت عليه فقال ( لقد أنزلت علي الليلة سورة لهي أحب إلي مما طلعت عليه الشمس ) . ثم قرأ { إنا فتحنا لك فتحا مبينا }

Bahwasanya Rasulullah SAW sedang berjalan ketika safar bersama Umar bin Khaththab pada malam hari, kemudian Umar bin Khaththab bertanya tentang sesuatu, dan tidak dijawab oleh Rasulullah, kemudian bertanya lagi, dan tidak dijawab, kemudian bertanya lagi dan tidak dijawab, kemudian umar berkata: duhai malangnya engkau wahai Umar(dia berkata pada dirinya sendiri) kamu telah bertanya kepada Rasulullah sebanyak tiga kali, tapi semuanya tidak dijawab, kemudian Umar berkata: kemudian aku menggerakkan tungganganku sampai pergi kedepan banyak orang dan aku takut dengan kejadisn itu akan turun al-Qur`an, dan tidak lama kemudian ada suara yang memanggilku, kemudian aku berkata: aku sangat hawatir dengannya akan turun al-Qur`an, kemudian aku mendatangi Rasulullah dan mengocapkan salam kepadanya kemudian beliau berkata: Tadi malam telah turun kepadaku satu surat yang mana lebih aku sukai dari terbitnya matahari, kemudian beliau membacakan: Inna fatahna laka fathan mubiina. (HR. Bukhari)

  1. Surat Al-Ikhlas

Rasulullah bersabda:

أن رجلا سمع رجلا يقرأ { قل هو الله أحد } . يرددها فلما أصبح جاء إلى رسول الله صلى الله عليه و سلم فذكر ذلك له وكأن الرجل يتقالها فقال رسول الله صلى الله عليه و سلم ( والذي نفسي بيده إنها لتعدل ثلث القرآن )

Dari abu said al-hudri juga bahwa ada seseorang mendengar orang alian membaca surat al-ikhlas secara berulang-ulang. Keesokan harinya ia dating kepada rasulullah dan menceritakan kejadian tersebut seakan-akan ia menganggapnya remeh. Maka Rasulullah bersabda: “demi dzat yang diriku ada di tangan-Nya, sesungguhnya ia sebanding dengan sepertiga al-Qur`an.” (HR. al-Bukhari)

  1. Surat an-Nas dan al-Falaq

Rasulullah bersabda:

عن عقبة بن عامر قال: قال رسول الله صلى الله عليه و سلم ألم تر آيات أنزلت الليلة لم ير مثلهن قط ؟ قل أعوذ برب الفلق وقل أعوذ برب الناس

Dari ‘Uqbah bin ‘Amir bahwa rasulullah bersabda: “Tidakkah kamu memperhatikan ayat-ayat yang baru diturunkan tadi malam yang tidak ada sesuatupun yang semisal dengannya? Qul A’uudzu bi rabbil Falaq, dan Qul A’uudzu bi rabbin Naas.” (HR. Muslim)

  1. Surat Al-A’raf

Rasulullah bersabda:

“… عن أبى عبد الله عليه السلام قال: مَن قرأ سورة الأعراف فى كل شهر كان يوم القيامة من الذين لا خوف عليهم ولا هم يحزنون، فإن قرأها فى كل جمعة كان ممن لا يُحاسَب يوم القيامة لأن فيها محكماً، فلا تدعوا قراءتها فإنها تشهد يوم القيامة لمن قرأها”.

“Dari abi Abdullah ‘Alaihis Salam berkata: barangsiapa yang membaca surat al-a’raf pada setiap bulan maka pada hari kiamat dia tidak akan termasuk orang yang tidak memiliki rasa takut dan sedih, dan apabila dibaca pada setiap jum’at maka pada hari kiamat termasuk orang yang tidak dihisab karena didalamnya terdapat ayat yang muhkam, maka dari itu jangan kalian meninggalkan untuk membacanya, dikarenakan surat ini akan menjadi saksi pada hari kiamat bagi yang membacanya” (HR. bukhari)

  1. Surat al-Mulk

Dari Abu Hurairah dari Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam, beliau bersabda:”Sesungguhnya ada satu surat yang berjumlah tiga puluh ayat yang memberikan syafa’at kepada yang menghafalkannya sampai ia diampuni, itu adalah surat atTabarak (Al Mulk).”Hadits di atas diriwayatkan oleh penyusun kitab Sunan yang empat dari hadits Syu’bah. Dan Imam at Tirmidzi berkata, “Hadits ini hasan shahih.”

Berikut adalah beberapa dalil yang menunjukkan tentang keutamaan surat dalam al-Qur`an dengan dalil-dalil yang soheh, namun sekarang banyak sekali hadits-hadits yang berkenaan dengan keutamaan surat ini dengan dalil-dalil yang dho’if(lemah). Diantaranya adalah sebagai berikut:

Bererapa hadits yang lemah mengenai keutamaan surat

  1. Surat Ali Imran, hadits ini adalah derajadnya maudhu’ dari Ubai bin Ka’ab

من قرأ سورة آل عمران أعطي بكل آية منها أماناً على جسر جهنم

Barangsiapa yang membaca surat ali imran, maka setiap ayat akan memberi keamanan pada waktu melewati titian jahannam”(HR. Baidhowi)

  1. Surat al-A’raf, derajad haditsnya adalah maudhu’

مَنْ قرأ سورة الأعراف جعل الله يوم القيامة بينه وبين إبليس سداً، وكان آدم شفيعاً له يوم القيامة

“Barangsiapa yang membaca surat al-A’raf maka Allah akan menjadikan diantaranya dengan iblis penghalang, dan adam akan member syafa’at pada hari kiamat” (HR. Baidhowi)

  1. Surat al-Jatsiyah, derajad haditsnya adalah maudhu’

مَنْ قرأ سورة حم الجاثية، ستر الله عورته، وسكّنَ روعته يوم الحساب

“Barangsiapa yang membaca surat al-jatsiyah, niscaya allah akan menutup auratnya dan akan menghilangkan kepanikannya pada hari perhitungan(yaumul hisab)” (HR. Baidhowi)

  1. Surat Yasin, dalam masalah keutamaan surat yasin ini sebenarnya banyak sekali hadits dho’if yang menyebutkannya, diantaranya adalah:

عن أبى هريرة قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم ” من قرأ يس في ليلة أصبح مغفورا له، ومن قرأ الدخان ليلة الجمعة أصبح مغفورا له

Dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah bersabda: “Siapa yang membaca surat Yasin dalam suatu malam, maka ketika ia bangun pagi hari diampuni dosanya dan siapa yang membaca surat Ad-Dukhan pada malam Jum’at maka ketika ia bangun pagi hari diampuni dosanya.” (Ibnul Jauzi, Al-Maudhu’at, 1/247).

Penutup

Demikianlah yang dapat kami jelaskan mengenai beberapa keutamaan surat dalam al-Qur`an. Harapan kami hendaknya kita selalu membaca al-Qur`an secara keseluruhan, baik itu yang telah disebutkan keumamaannya ataupun tidak, dikarenakan membacanya adalah banyak pahala yang kita peroleh. Sebagaimana samda nabi:

Barangsiapa yang membaca satu huruf dari al-Qur-an, akan mendapatkan suatu kebaikan. Sedang satu keba-ikan akan dilipatkan sepuluh kali lipat. Aku tidak berkata, Alif laam miim, satu huruf. akan tetapi alif satu huruf, laam satu huruf dan miim satu huruf. [HR. At-Tirmidzi (no. 2910). Lihat pula Shahih at-Tirmidzi (III/9) dan Shahih al-Jaami’ush Shaghir (no. 6469), dari ‘Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu]

Semoga tulisan ini bermanfaat, wallahu a’lam bis-showab.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: